Jenis dan Macam pupuk Organik

Diposting oleh admin on Sabtu, 09 Maret 2013

Banyak petani yang menggunakan pupuk kimia dan mereka sebenarnya kurang menyadari bahayanya penggunaan pupuk kimia, yang mereka pikirkan hanyalah hasil tani yang melimpah, jika mereka menyadari hal itu tentunya pupuk organic akan menjadi alternative yang efektif. Pupuk organic dapat didatap di sekitar kita yang menjadikan tanah menjadi subur. Berikut adalah jenis pupuk yang dapat kita temukan di sekitar kita :
1. Pupuk  hijau
Pupuk hijau adalah pupuk yang terbuat dari daun-daunan yang mudah membusuk dalam tanah seperti daun bambu. Daun-daunan dapat langsung dimasukkan ke dalam tanah  karena terdapat N, P, K, dan unsur lainnya. Dari sisa hasil pertanian banyak mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman melalui tanah. 
2. Pupuk Kompos
Kompos adalah peruraian bahan organik oleh jasad renik (mikrobia), Pupuk jenis ini berguna untuk mempebaiki struktur tanah, tatanan udara dan air didalam tanah. Selain itu dapat mengikat unsure hara dan member makan bagi jasad renik yang terdapat pada tanah lalu menghasilkan kesuburan tanah.
3. Pupuk kandang
Pupuk kandang merupakan pilihan pupuk organik yang memanfaatkan kotoran hewan ternak atau unggas. Kandungan unsur hara yang terdapat didalam pupuk kandang itu bergantung pada jenis ternak juga makanan ternak, air minuman ternak, umur ternak atau unggas, dll. Jangan gunakann pupuk kandang yang masih baru, karena pupuk kandang yang masih baru belum masak benar, dan suhunya masih tinggi. Selain itu pupuk kandang memiliki kelemahan, jika ternak memakan rumput yang memiliki biji otomatis pupuk kandang akan mengandung biji rumput alhasik jika kita menggunakan pupuk tersebut akan tumbuh rumput.
4. Pupuk cair
Pupuk cair menyediakan unsur nitrogen dan unsur mineral yang dibutuhkan untuk tanaman. Kehidupan binatang di dalam tanah juga terpacu dengan penggunaan pupuk cair. Pupuk cair tersebut dapat dibuat dari kotoran hewan yang masih baru. urin hewan ternak juga dapat digunakan sebagai pupuk cair adalah urin kambing, domba, kelinci atau ternak lainnya.
Pupuk cair dapat kita dapatkan dari limbah urin dari hewan ternak, tapi tidah hanya itu kehiduman hewan yang ada dalam tanah dapat memacu penggunaan pupuk cair. Jika anda ingin membuat pupuk cair silahkan
baca artikel ini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar